ads

MATERI PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS

MATERI PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS-Selamat...berkunjung di blog saya yang sederhana ini. pada hari yang indah ini, disini  saya akan membahas tentang Materi produk kerajinan. Kenapa saya membahas produk kerajinan? dengan tujuan agar saya lebih mengerti lagi tentang materi produk kerajinan dan ingin menshare tugas sekolah saya.Dalam postingan kali ini akan menbahas beberapa point dari materi produk kerajinan yang meliputi sebagai berikut, Pengertian kerajinan, penggolongan, fungsi, unsur estika dan evgozomis, motif ragam hias dan teknik pembuatan. Selanjutnya kita membahas poin yang pertama adalah pengertian kerajinan, langsung saja simak baik-baik di bawah ini:
1. PENGERTIAN KERAJINAN
Sebelum kita membahas poin yang lain dari materi produk kerajinan, alangkah indahnya kita memahami dasarnya dulu sebelum mengenal lebih jauh, yaitu pengertian produk kerajinan. apa itu pengertian kerajinan? Menurut dari sumber wikipedia pengertian kerajinan adalah suatu julukan   bagi benda yang menghasilkan karya seni   buatan  manusia. Sedangkan kata 'kerajinan' berasal dari rajin yang memiliki arti sebagai benda  yang dibuat atau dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan dapat menghasilkan sebuah barang hiasan dan juga sebagai barang pakai. Adapun beberapa nilai-nilai kerajina yang harus dimiliki adalah memiliki percakapan, keahlian,  penguasaan teknik pembuatan produk dan kreatifitas yang tinggi.



Sedangkan kerajinan dibedakan dengan 2 jenis yakni kerajinan  bahan alam dan bahan buatan. apa yang dimaksud dengan bahan alam? adalah bahan-bahan yang di ambil dari alam atau bahan-bahan yang terbuat dari alam sebagai bahan dasarnya, conohnya adalah serat alam dan bambu. Untuk bahan buatan adaah bahan-bahan yang terbuat dari bahan sintetis yang di buat oleh manusia itu sendiri, contohnya adalah plastik dan sabun. Indonesia juga memiliki  beberapa kerajinan yang cukup unik dan di bagi dengan beberapa jenis, yang antara lain,  tenun serat, rotan, batik, kayu, logam, tanah liat dan batu. lantas apakah yang di maksud dengan kerajinan bahan keras merupakan suatu kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan keras



2. FUNGSI PRODUK KERAJINAN DARI BAHAN KERAS
Ok setelah memahami pengertian dari kerajin, Selanjutnya kita akan membas tentang Fungsi produk kerajinan. seperti dengan produk kerajinan bahan lunak, kerajinan bahan keras juga memiliki fungsi yang di bedakan menjadi 2 bagian yaitu:

Benda hias: suatu karya kerajinan yang di buat dengan mengutamakan sebagai benda pajangan atau hiasan

benda pakai: hasil karya kerajinan yang di ciptakan yang mengoptimalkan fungsi dari benda yang diciptakan dan memiliki unsur keindahan tapi hanyalah pendukung saja.

3. Unsur estetika dan ergonomis
memang dalam suatu penciptaan suatu kerajinan tidak lepas dengan yang namanya  estetika dan ergonomis. Estetika adalah salah satu kata lain dari keindahan ,jadi suatu karya seni harus memiliki keindahan untuk memberikan penciptaan yang lebih unik dan  apabilah tidak memiliki keindahan tidak disebut dengan namanya kerajinan karya seni ...Sedangkan ergonomis adalah suatu unsur yang meliputi, keamanan, kenyamanan, keluwesan dan motif dalam kerajinan

4. Motif ragam hias pada kerajinan bahan keras
Selanjutnya kita akan membahas motif ragam hias pada kerajinan bahan keras, Ragam hias nusantara memiliki perbedaan seperti pada motifnya tapi ada persamaan yang dimiliki oleh kerajinan nusantara seperti jenis, motif hias, pola susunan, pewaarnaan dan lain-lain. sedangan ada beberapa motif yang banyak digunakan untuk menghias antara lain:

a. Motif realis
Merupakan motif yang dapat di ambil dari keadaan alam yang bersifat nyata, seperti tumbu-tumbuhan, hewan, bentuk batuan, bentuk awan, bentuk matahari dan lain-lain. 

b. motif abstrak
motif abstrak adalah motif yang tidak jelas dengan objek apa yang diterapkan pada motifnya, disisi lain motif ini menggunakan bentuk bebas.

c. motif dekoratif
suatu motif  dengan  tujuan memperindah objek benda yang akan di gambar dalam motifnya. motif ini memodifikasi bentuk alam dengan seindah mungkin tapi tanpa mengubah bentuk aslinya.

d. Motif geomatris
Merupakan motif yang mempunyai bentuk  teratus dan dapat di ukur dengan alat ukur seperti penggaris. Contohnya adalah lingkaran, kerucut, persegi, segitiga dan lain-lain.

4. TEKNIK PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN KERAS
Pada umunya teknik pembuatan kerajinan bahan keras memiliki beberapa macam antara lain:

a. teknik cor
- teknik tuang berulang
-teknik tuang sekali pakai
b. teknik elsa
c. teknik ukir
d. teknik ukir tekan
e. teknik bubut
f. teknik anyam

akhirnya selesai juga kita  membahas materi produk kerajinan bahan keras. Saya hanyalah manusia biasa yang ingin membagi ilmu kepada kalian, tentunya ada beberapa kekurangan pada artikel ini. Saya harapkan kalian dapat mengembangkan artikel produk kerajinan bahan keras agar artikel ini tercipta sempurna. sampai jumpa kembali di artikel unik wapza lainya...

Blog ini akan dialihkan ke zainunmuzahidin.blogspot.co.id dan kalau teman-teman ingin update tentang pembelajaran sekolah khususnya materi bahasa indonesia kunjungan ini MATERI BAHASA INDONESIA SMA

THANK YOU


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "MATERI PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS"