ads

PENGERTIAN SMPS


                            PENGERTIAN SMPS

SMPS( SWITCHED -MODE-POWER SUPPLY )-Assalamualaikum berjumpa lagi kembali dengan blog sederhana ini, hhhmhmhmh.....sudah beberapa hari ini saya kurang update, maka dari itu disini saya akan  update kembali dengan memposting artikel yang manfaat yaitu PENGERTIAN SMPS. Kebanyakan  paling umum diketahui adalah power supply yang menggnakan rangkaian 1 trafo 4 diode  dan 1 capasitor. Mungkin terlintas di pikiran kita, lalu apakah perbedaan power supply dengan SMPS.

Sebelum membahas tentang perbedaan mari kita renungkan gambar HP dizaman dahulu.



Pada saat itu hp mempunyai ukuran yang lebih besar...tapi banyak para ilmuwan yang mengembangkan dan memunculkan ide baru untuk membuat hp yang lebih tipis tapi tidak akan menghilangkan fitur pada Hp lama, begitu juga dengan power supply SMPS yang sampai saat ini sering digunakan karen kesimpelanya dari pada power supply yang memakai Rangkaian 1 travo dan berbody besar, Pada SMPS ini memiliki 2 travo yang berukuran sangat kecil dan itulah yang membuatnya bodynya lebih kecil. 

BLOCKED SWITCHED MODE POWER SUPPLY ( SMPS)
nahh....sekarang sampai dsini kita sudah mengerti apa pengertian SMPS dan sekarang membahas tentang kenapa kebanyakan power supply memakai SMPS? karena regulator switching mempunyai beberapa kelebihan yang sangat menguntungkan dari pada  regulator linear, berikut kelebihanya:

1. Memiliki body yang tipis sehingga beban sangat ringan sedangkan untuk regulator linear masih menggunakan  travo 50 hz yang mana mempunyai inti besi yang berat, semakin besar watt yang akan diciptkan semakin besar dan berat pul ukuran travonya.

2. Dalam pemkaian daya listrik, SMPS  sangat efesien dalam penggunaanya. Karena panas yang dihasilkan oleh SMPS relatif sedikit.

3. Memiliki masukan tegangan yang lebih luas atau lebar. Dengan tegangan masuk yang bermacam-macam yaitu antara 150-300v untuk tegangan DC sedangkan untuk tegangan AC sebanyak 90-265 V. Dan Switching regulator dapat memberikan tegangan  keluaran yang optimal.

PENGERTIAN SMPS
Untuk pengertian smps sendiri, memiliki 2 pengertian yaitu:

1. POWER SUPPLY Adalah suatu peralatan yang digunakan untuk menghasilkan atau menyediakan sumber daya listrik yang cocok dan stabil pada suatu peralatan tertentu. Dan biasanya tegangan yang tersedia adalah tegangan bolak-balik 220v  atau bisa disebut dengan Ac, namun suatu peralatan elektronika membutuhkan tegangan DC atau searah.

Baca juga pengertian arus listrik ac!!!!!!

2. Sedangkan regulator switching, yang merupakan suatu sirkuit elektronik yang digunakan untuk menstabilkan tegangan yang keluar, seperti tegangan yang keluar tidak optimal, arus beban yang kurang optimal dan lain-lain.

PRINSIP DASAR KERJA SMPS
dasar-dasar cara kerja SMPS:

gambar dibawah ini merupakan RANGKAIAN SMPS



PROTEKSI- memberikan perlindungan terhadap tegangan keluar yang melebihi batas atau over dan juga melindungi power supply jika ada gangguan yang tidak di inginkan.

ISOLASI- Memberikan perlindungan terhadap bagian sekunder dan primer agar tidak arus listrik yang masuk kebagian tersebut dan agar kalau dipegang tidak tersengat listrik.

REGULASI- Menciptakan suatu tegangan yang stabil bila sewaktu-waktu tegangan yang masuk tidak optimal atau bila terjadinya perubahan beban.

FILTERING- Untuk menghilangkan suatu denyut atau ripple pada saat tegangan keluar.

KONVERTER- Mampu mengubah tegangan dc agar keluaran yang dihasilkan sesuai dengan keadaan beban atau kebutuhan.

PENYERAHAN- mampu mengubah tegangan masuk AC menjadi tegangan DC.

BAGIAN-BAGIAN PENTING DARI SMPS
Setelah memahami dari pengertian smps Sekarang saya akan membagikan apa saja bagian-bagian penting dari SMPS, berikut ulasanya:

PENYEARAH: Bagian ini berfungsi sebagai mengkonversi tegangan masuk AC 220 volt menjadi tegangan keluar DC yang menggunakan komponen diode bridge dan sebuah elco filter sebanyak 3 buah, seperti elco 480V680UF dan memiliki 2 buah elco 250V2200UF.

PENCACAH ATAU POWER-SWITCHING: Untuk menghasilkan tegangan pulsa-pulsa  DC yang memiliki frekuensi tinggi maka power switching inilah yang berfungsi sebagai pencacah tegangan masuk DC. Sedangkan SMPS mesin las inverter biasanya bekerja pada pada frekuensi sekitar 50 Hz-60Hz, maka dari power switch dapat memakai IC K2611, IRFZ24N dan IRF9Z24N.

SMPS CONTROLER DRIVER: Merupakan salah satu bagian dari SMPS yang berfungsi sebagai pembangkit pulsa PWM ( pulse wafe modulation ). Juga memiliki fungsi sebagai sinyal drive untuk mencacah digunakanlah  IC PC 817 yang isinya adalah rangkaian osilator dan PWM  berfungsi untuk membangkitkan pulsa-pulsa PWM. Namun ada juga SMPS yang tidak menggunankan rangkaian CONTROLLER DRIVER dan biasanya menggunakan transistor power switching bertujuan untuk bekerja dengan berisolasi sendiri.

TRAVO SWITCHING: Agar tegangan AC yang masuk dapat diturunkan dan dinaikkan maka perlu tegangan AC untuk melewati sebuah travo, Sedangkan pada rangkaian SMPS menggunakan travo E25 15:15.

PENYEARAHAN DAN FILTERING TEGANGAN KELUAR: Untuk keluar dari trafo masih berupa frekuensi pulsa-pulsa yang tinggi dan dirubah menjadi tegangan DC menggunkan diode penyearah dan fiter elco.

LOOP: Bagian ini sangat berperan penting pada rangkaian SMPS, karena bagian ini berfungsi sebagai penyetabil suatu tegangan dan umpan balik dari tegangan B+ menjadi ke bagian primer yang difungsikan untuk mengendalikan PWM.

RANGKAIN KOMPARATOR: Rangkain ini merupakan sebuah sirkit komparator dari bagian sekunder yang digunakan untuk mendeteksi suatu perubahan tegangan keluaran B+. Agar komparator bekerja, maka dengan cara membandingkan tegangan keluaran B+ dengan tegangan referensi yang pada umunya berupa tegangan diode  6.8v. Untuk outpunya, komparator menghasilkan arus yang kemudian di kembalikan ke bagian primer melewati sebuah photo coupler. Untuk mengisolasi atau melindungi bagian ground maka diperlukan sebuah kopling menggunakan photocouler.


Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan untuk hari ini,, sebenarnya masih ada banyak tentang materi PENGERTIAN SMPS maka dari itu kalian juga bisa melengkapinya sendiri dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung

semoga dengan meluncurkan artikel ini sobat sudah tau apa itu SMPS dan MENGENAL SMPS

disarankan artikel, klik dibawah ini !!!!!!!

PENGERTIAN ARUS LISTRIK AC 



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PENGERTIAN SMPS"

  1. Wah Power Supply , baru tau saya Prinsip dasarnya.

    Btw Arus listrik ACnya ga bisa di klik

    ReplyDelete