ads

belajar dasar-dasar PLC

Cara belajar dasar-dasar PLC - ok berjumpa lagi dengan saya selaku admin yang ganteng pengurus wapzandroid..menurut saya sihh ganteng tapi kalau menurut kalian bagaimana silahkan dikomet dibawah. akhir-akhir ini saya sibuk kawan jadi  jarang sekali untuk mengurus blog wapzandroid ini, mulai dari urusan melayani client, sekolah dan mencari pacar hehehe,, yang mana belum dapat sampai saat ini entah kapan dapatnya saya tidak tahu, kurang apa cobak?.

dalam kesempatan yang setengah ngenes ini saya akan berbagi kengenesan saya ke kalian agar kalian dapat mempelejari dari kengenesan saya. coba bayangkan banyak jadwal sibuk melayani client apalagi ditambah besok ulangan tentang dasar-dasar PLC, mengumpulkan laporan PLC dan box panel gagal dan satu lagi yaitu penyemangat hidup juga belum ada  alias pacar...huft, gimana gak tidak ngenes cobak tapi saya tetap mensyukuri hidup yang dikasih Tuhan dan mengikuti arus hidup.

sudah saya bilang di atas bahwa  besok saya ulangan pLc, nah untuk mempelajarinya saya akan membagi kepada kalian agar kalian dapat mengerti. langsung saja ke pokok materi bahwa  PLC adalah kepanjangan dari programmable logic controller yang kalau di bahasa Indonesiakan adalah sekumpulan rangkaian yang dapat mengerjakan fungsi-fungsi kontrol dalam level-level yang kompleks. ciri-ciri umum dari plc adalah dapat diprogram, dapat di kontrol dan semua pengoperasian hanya dilakukan di perangkat komputer saja jadi apabila orang tidak mempunyai pengalamanpun bisa mengerjakan kontrol rangkaian secara mudah. gambaran suatu program untuk mengoperasikan kontrol plc adalah umumnya gambar berbentuk garis bisa disebut juga dengan leader, merupakan suatu output dari PLC yang memerintahkan apakah hidup atau mati.
Cara belajar dasar-dasar PLC
pada awalnya Plc ini dibuat untuk menggantikan relay agar lebih praktis untuk digunakan, pada zaman dahulu PLC hanya dapat digunakan sebatas untuk memerintahkan hidup atau mati untuk mengendali beberapa alat seperti motor. tap Plc zaman sekarang memiliki kecanggihan yang dapat diperintahkan secara bebas oleh progammernya.  sehingga pada zaman sekarang PLC dapat di artikan sebagai perangkat elektronika digital yang dibuat untuk  mengendalikan mesin yang ada di Industri dengan proses implentasi yaitu pencacahan, menghitung, pewaktuan dan nalar kendali. memang sih kalau dilihat sama halnya dengan komputer yang memiliki ram, processor. Perkembangan teknologi seperti saat ini menjadikan PLC sebuah relay yang cerdas yang dapat memerintahkan apa saja yang diperlukan oleh penggunanya dalam mengendalikan mesin.

setelah saya menjelaskan tentang pengenalan dasar-dasar PLC maka selanjutnya kita akan membahas sistem konfigurasi yang ada di PLC yaitu:

pertama, PLC memiliki power supply yang berguna untuk menstabilkan tegangan atau arus yang masuk ke block CPU. biasanya berbentuk switching power supply

kedua, PLC CPU
Unit  adalah  otak dari PLC, bagian ini semua  program akan diubah sehingga sistem kontrol yang telah kita buat dapat bekerja sesuai perintah. CPU PLC sangat bermacam-macam  terkait pada tipe PLCnya.

Memori unit
sama halnnya dengan komputer PLC juga memiliki RAM  Random Acces Memory yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara. Ram dalam PLC dapat di baca dan ditulis, memori jenis Ram ini  bahwa semua data akan hilang apabila power supply external dicabut, tak hanya itu PLc juga memiliki memori lain yang namanya ROM, ROM adalah singkatan dari read only memory yang berguna sebagai penyimpanan tambahan seperti options, untuk jenisnya ada 2 yaitu EPROM dan EEPROM. apabila sudah ditulis datanya maka tidak bisa dihapus kecuali kalau dihapus dengan sinar ultraviolet untuk jenis ROM EPROM atau  Eraseable Progammable Read Only Memory sedangkan untuk jenis EEPROM atau Electrical Eraseable Programmable Read Only Memory hanya dapat dihapus dengan sinyal  listrik.

input module
seperti swith dan pushbutton
output module
seperti motor


Prinsip Kerja PLC
setelah saya memahami tentang dasar-dasar PLc saya akan membagikan kepada kalian untuk prinsip kerja dari PLC yaitu.

1. menganalis kondisi input.
membaca sinyal input yang diberikan  

2. mendeteksi.
jika CPU berhasil mendeteksi bahwa ada sinyal masukan yang dikirim di modul  input, maka CPU akan menindaklanjuti program yang telah disimpan  dalam memori PLC.

3. mengirimkan sinyal ke outuput modul yang dikirim melalui bus-bus processor.


sekian semoga sampai disini kalian mengerti apa yang saya pelajari sekarang, bila kalian mau request tentang pelajaran sekolah kalian khususnya dunia listrik silahkan kita sharing bersama di komentar dibawah ini. dengan terciptanya artikel ini saya harapkan kalian dapat tahu Prinsip Kerja PLC dan dasar-dasar PLC


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " belajar dasar-dasar PLC"

Post a Comment